Sabtu, 14 Mei 2016

WIJAYA KUSUMA, BUNGA CANTIK YANG MISTERIUS

Bunga wijaya kusuma merupakan sejenis tanaman kaktus dengan nama latin Epiphyllum oxypetalum atau ada juga yang menyebutnya Epiphyllum anguliger.
Kenapa disebut bunga yang misterius? Karena bunga ini mekar sempurna tepat tengah malam. Misterius bukan? Di saat orang tidur nyenyak, ehh dia malah mekar sempurna. Karena itulah bunga ini disebut juga ratu malam atau night queen.

Batang wijaya kusuma, berbentuk silindris, terbentuk dari helai daun tua yang mengecil dan mengeras. Daun wijaya kusuma berbentuk pipih dan memanjang, berwarna hijau dengan permukaan halus tanpa duri dan tepi daun yang bergelombang.  Pada tepi daun ini dapat tumbuh daun baru ataupun bunga.
Bunga wijaya kusuma muncul dari tepi daun berupa kuncup yang makin lama makin panjang tangkai bunganya hingga bunga itu menjuntai ke bawah. Bunga berwarna putih dan berbau wangi. Sedangkan tangkai dan kuncup bunga berwarna merah muda.
Perkembangbiakannya gampang sekali yaitu menggunakan stek daun.
 
Yuuukkk kita lihat perjalanan bunga ini yang sempat kuabadikan mulai dari kuncup di pagi hari sampai mekar sempurna dan harum mewangi di tengah malam dan akhinya layu keesokan harinya.......
 
Rabu pagi, jam 05.55, masih kuncup

Rabu malam, jam 21.16, mulai merekah

Rabu malam, jam 21.38, mulai mekar

Kamis tengah malam, jam 00.04, sudah mekar sempurna dan harum sekali

Kamis, jam 05.37, mulai layu

Kamis, jam 12.33, sudah layu
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar