Selasa, 19 April 2016

AMAZING JOURNEY TO RAJA AMPAT

Day 1

Di akhir Maret 2014 tetiba dapat memo dari Kantor Pusat bahwa aku diminta untuk melakukan sharing session mengenai program energi di Kilang Kasim, Sorong. Yeaayyy.....aku exciting banget soalnya belum pernah ke sana, tapi sekaligus deg2an mengingat perjalanannya cukup jauh.
Alhasil awal April 2014 aku terbang ke Sorong tengah malam menggunakan Express Air langsung dari Jakarta, tiba di Sorong pagi. Kemudian lanjut perjalanan darat ke Kilang Kasim selama kira2 2 jam. Sampai sore di Kilang Kasim dan malamnya langsung kembali ke Sorong.

Day 2
Besok paginya diajak ke Raja Ampat deh.....nyebrang dari Pelabuhan Sorong (lupa namanya) menggunakan speed boat, spot pertama adalah Pulau Kri, pulau pasir putih yang indah banget.

@Pelabuhan di Sorong, siap2 ke Raja Ampat

spot 1 - Pulau Kri

Spot 1 - Pulau Kri, terlihat laut seperti terbelah

Setelah berfoto ria dan rendam2 kaki di sini perjalanan dilanjutkan ke Sauwandarek Village di Pulau Mansuar. Ohhhh.....indah banget..... terumbu karang dan aneka jenis ikan bersanding dengan bening dan birunya laut....terlihat jelas dari atas dermaga kayu tanpa harus snorkeling (harap maklum yaaa....saya gak berani nyebur ke laut.....apalagi dari sekian orang di rombongan, saya perempuan sendiri....hehehe....).
Lihat anak2 kecil main di pantai....jadi berpikir dalam hati bahwa mereka adalah anak2 yang berbahagia karena punya tempat bermain yang luas sekali dan sangat indah.

Spot 2 -  Sauwandarek Village

Keindahan Sauwandarek Village

Menatap keindahan terumbu karang dan ikan warna warni

Dermaga kayu Sauwandarek Village

anak kecil Sauwandarek Village

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pulau Saonek karena di pulau ini ada masjid yang cukup besar untuk kami melaksanakan sholat Dhuhur. Ketemu gadis2 kecil yang cantik di mesjid tersebut.

gadis kecil Pulau Saonek

Setelah itu kami ke Raja Ampat Dive Resort di Pulau Waigeo untuk late lunch dan istirahat. Menu makan siangnya seperti menu rumahan...not bad-lah.... Konon katanya resort ini adalah milik Nadine Chandrawinata dan adik2nya. Memang sih di restoran resort ini banyak buku2/majalah2 mengenai Raja Ampat dengan Nadine sebagai modelnya.

Sorenya kami ke Sawinggrai Village untuk bermain dengan ikan2 kecil.
Lanjut ke spot selanjutnya yaitu pulau gundukan pasir untuk menanti sunset. Pasir putih, laut biru, langit biru, awan putih.....paduan sempurna.....
Kemudian kami kembali ke Resort untuk istirahat.

Spot 3 - Sawinggrai Village, disini ada homestay

Spot 4 - Pulau Pasir, menanti sunset

ini Aurell, speedboat yang mengantar kami

Sunset......amazing....

Day 3

Setelah sarapan, kami check out untuk selanjutnya ke spot berikutnya yaitu kumpulan pulau2 karang  Teluk Kabui, tapi bukan Wayag atau Pianemo yang biasa diexpose di medsos, waktunya gak cukup kalo mau kesana karena jaraknya cukup jauh. Teluk Kabui cantik banget deh gak kalah sama Wayag atau Pianemo.......

Raja Ampat Dive Resort

Spot 5 - Teluk Kabui......terpesona akan keindahannya

Pulau karang @Teluk Kabui

Dari Teluk Kabui kami langsung kembali ke Sorong dan siap2 untuk perjalanan pulang ke Palembang via Makasar dan Jakarta.
Rasanya belum puas hanya semalam di Raja Ampat karena belum sempat ke Wayag atau Pianemo atau spot2 lain. Dan menyesal juga gak bawa kamera yang lebih baik (hanya mengandalkan kamera BB) jadi gak bisa memotret dengan baik keindahan Raja Ampat.
Insya Allah lain waktu ada kesempatan kembali ke sini. Walaupun begitu tetap bersyukur sudah diberi kesempatan melihat ciptaan Allah swt yang sangat indah di ujung Timur Indonesia.