Minggu, 17 April 2016

APAKAH KELENJAR TIROID ITU?

 
Dulu sebelum kena ca tiroid, aku hanya tau bahwa kelenjar tiroid itu adalah kelenjar gondok dan penyakit tiroid itu adalah penyakit gondok (penyakit yang lehernya membesar). Setelah terkena ca tiroid barulah aku mencari referensi lebih banyak mengenai kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ yang letaknya di leher sebelah depan bagian bawah, tepat di bawah jakun dan mempunyai sejuta peran dalam tubuh kita. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar pada sistem endokrin di dalam tubuh kita yang menghasilkan hormon tiroksin.
Kelenjar tiroid bekerja seperti suatu pabrik yang menggunakan iodine (kebanyakan berasal dari seafood atau garam) untuk menghasilkan hormon tiroid.
Hormon tiroid membantu mengatur metabolisme tubuh dan beberapa proses penting dalam tubuh misalnya pertumbuhan dan metabolisme lain pada tubuh.
Dua hormon tiroid yang paling penting adalah thyroxine (T4) dan triiodothyronine (T3). Ketika dikeluarkan dari kelenjar tiroid ke dalam darah, sejumlah besar T4 dirubah menjadi T3, hormon aktif yang mempengaruhi metabolisme seluruh sel.
Sistem endokrin pada tubuh kita terdiri dari berbagai kelenjar yang menghasilkan hormon seperti pada gambar di bawah ini

 
 
Tiroid diatur oleh kelenjar lain yang berada di otak yaitu pituitary.  Sebaliknya, pituitary diatur oleh sirkulasi hormon tiroid (melalui “feedback” efek hormon tiroid pada kelenjar tiroid) dan oleh kelenjar lain yang disebut hipotalamus.
Hipotalamus mengeluarkan hormon yang disebut thyrotropin releasing hormone (TRH) yang mengirimkan sinyal kepada kelenjar pituitary untuk mengeluarkan thyroid stimulating hormone (TSH). Selanjutnya, TSH mengirimkan sinyal kepada tiroid untuk mengeluarkan hormon tiroid.
 

Laju produksi hormon tiroid dikendalikan oleh kelenjar pituitary. Ketika pituitary merasakan hormon tiroid yang bersirkulasi dalam darah tidak cukup, maka kelenjar pituitary tsb akan mengeluarkan  TSH untuk menstimulasi kelenjar tiroid agar mengeluarkan hormon tiroid lebih banyak. Sebaliknya, ketika hormon tiroid yang beredar dalam darah berlebih, maka level TSH akan turun untuk memberikan perintah pada kelenjar tiroid agar menurunkan produksi kelenjar tiroidnya.

Selain itu ada sel khusus pada tiroid yang memproduksi hormon yang disebut calcitonin. Tidak seperti T3 dan T4, calcitonin tidak terlibat dalam metabolisme. Calcitonin mengatur kalsium dengan mengurangi kadar kalsium dalam darah. Kelebihan kalsium dalam darah disebut hypercalcemia.

 
 

2 komentar:

  1. https://www.googlechrome2021.com/

    BalasHapus
  2. Pagi mba,aku juga di vonis spt mba, boleh minta email nya mba, untuk sekedar sharing informasi tentang penyakit ini, terim kasih

    BalasHapus