Rabu, 29 Juni 2016

HANNOVER - KOTA TEMPAT SI ADIK KULIAH

Awal Oktober 2015 si adik pindah ke Hannover setelah sebelumnya menetap di Berlin karena akan melanjutkan kuliah di Leibniz Universität Hannover. Jadi tujuan utama kami ke Jerman saat itu adalah ke Hannover. Kami masuk ke Jerman lewat bandara Frankfurt dengan Etihad Airways, dan sesampai di bandara Frankfurt  kami langsung membeli tiket kereta api German Rail Pass di counter  DB Bahn  untuk  10 hari perjalanan dan berlaku selama sebulan.Tiket ini berlaku untuk semua tujuan di wilayah Jerman dan beberapa kota di negara tetangga yaitu Belgia, Italia, Ceko, Polandia dan Austria serta berlaku untuk semua kereta regional dan intercity.  Dari Frankfurt Flughafen kereta ICE yang kami naiki menuju ke Frankfurt Hauptbahnhof terlebih dahulu baru menuju arah luar kota, lama perjalanan Frankfurt – Hannover sekitar  2 jam 40 menit dan melewati beberapa kota antara lain Kassel dan Gottingen.
Akhirnya kami tiba di Hannover dan si adik sudah menunggu di hauptbahnhof. Setelah 1 thn 9 bulan berpisah akhirnya ketemu juga sama si adik. Sayang bapak gak ikut jadi kurang lengkap formasinya.
Dari hauptbahnhof kami naik tram ke apartemennya si adik.


Hannover Hbf - Ernst August Platz di waktu senja (foto dari wikipedia)
Hannover Hbf dgn patung Ernst August di depannya (foto dari internet)


si adik beli tiket S-Bahn



baru tiba di Hannover, di belakang adalah kereta ICE yang membawa kami dari Frankfurt


Selama di Hannover kami numpang menginap di apartemen adik, tentunya untuk menghemat biaya akomodasi karena kami hanya perlu menyewa extra bed seharga 5 Euro per malam....kan lumayan bisa hemat....hehehe.... selain itu supaya bisa berlama-lama ketemu si adik, bisa bantu-bantu beresin kamarnya karena kebenaran saat kami ke sana si adik baru beberapa hari menempati apartemen tsb, bisa masakin si adik juga.

apartemen adik

Hannover adalah ibukota dari negara bagian Niedersachsen (Lower Saxony) dan pernah menjadi tempat kedudukan Raja Hannover Britania Raya yang belakangan disebut Elektor Hannover dan setelah berakhirnya peperangan era Napoleon elektorat tsb diperluas dan menjadi Kerajaan Hannover. Dengan populasi penduduk sekitar 500 ribu orang, Hannover menjadi pusat utama dari kawasan Jerman bagian Utara dan kota terbesar ke-13 di Jerman. Hannover juga dikenal karena merupakan kota tuan rumah dari beberapa pameran komersial tahunan misalnya Hannover Messe dan CeBIT. Selain itu Oktoberfest Hannover merupakan yang terbesar kedua di dunia. Tempat pameran Hannover merupakan yang terbesar di dunia dan pernah digunakan untuk Expo 2000.

Hari pertama di Hannover, setelah istirahat sebentar, kami ke kampusnya si adik Leibniz Universität Hannover.  Kami naik tram kemudian lanjut jalan kaki sebentar. Tapi karena sudah sore dan mulai gelap jadi kami hanya melihat-lihat bagian depan kampus yang luas saja. Gedung utama universitas ini dulunya merupakan istana musim dingin Raja Hannover.

Gedung utama Leibniz Universität Hannover, dulunya ini istana musim dingin

selfie bertiga di depan kampus si adik
  
dengan mahasiswa Leibniz Universität Hannover

kakak adik di Leibniz Universität Hannover

selfie dengan kakak di depan kampus adik

Minggu depannya kami jalan-jalan ke Herrenhausen Garten yang merupakan salah satu taman tercantik di Eropa. Untuk masuk ke Herrenhausen Garten ini kami membeli tiket masuk seharga 8 Euro per orang. Taman ini dibangun atas prakarsa Electress Sophie yang sangat cinta taman yang terdiri dari Groẞer Garten yang dibangun tahun 1679-1714, Berggarten yang dibangun tahun 1666 dan Georgengarten yang dibangun sekitar tahun 1700-an.
Pertama-tama kami masuk ke area Groẞer Garten. Groẞer  Garten merupakan salah satu taman bergaya baroque Eropa. Di taman ini terdapat Schloss Herrenhausen, Gallery Building, Orangerie, dan the Grotto. Groẞer Garten terdiri dari beberapa bagian, yang terkenal adalah Great Ground dan Nouveau Jardin. Di tengah-tengah Nouveau Jardin terdapat Groẞe Fontäna (Great Fountain) yaitu air mancur tertinggi di Eropa yang menjadi focal point dari  Groẞer Garten dan merupakan ide dari Gottfried Leibniz yang dibangun pada akhir abad ke 17 dan diresmikan tahun 1719.  Saat ini ketinggian max dari air mancur tsb adalah 72 meter. Pas saat kami sampai di sana rupanya ada pelangi di atas air mancur tsb, indah sekali. Selain itu terdapat taman-taman tematik yang indah di Groẞer Garten antara lain Barockgarten, Rokokogarten, Niederdeutscher Rosengarten yang merupakan taman mawar yang indah, Springwassergarten, Renaissancegarten, dan Niederdeutscher Blumengarten. Kami berjalan mengelilingi bagian-bagian taman yang indah dan luas sekali sampai kaki rasanya berat untuk melangkah karena capek. Sebelum keluar area Groẞer Garten kami masuk ke museum yang terletak di salah satu bagian Schloss namun sayang di dalam museum gak boleh foto-foto.
Centerpiece dari keseluruhan  taman ini adalah Schloss Herrenhausen yang dulunya merupakan istana musim panas King Hannover.  Pada Perang Dunia II istana ini hancur akibat serangan udara Royal Air Force. Tahun 2009 istana mulai dibangun lagi dan dibuka kembali pada 17 Januari 2013.
Groẞer Garten - Herrenhausen Garten

Groẞer Garten - Herrenhausen Garten

Groẞer Garten - Herrenhausen Garten- dihiasi patung2

Groẞer Garten - Herrenhausen Garten-di latar belakang adalah Schloss Herrenhausen

Groẞer Garten - Herrenhausen Garten

Barock Garten

Barock Garten
Groẞer Garten - Herrenhausen Garten

Rokokogarten

Niederdeutscher Rosengarten

Niederdeutscher Rosengarten
 
Inselgarten

Springwassergarten

Niederdeutscher Blumengarten
Renaissancegarten
 
Groẞe Fontäna (Great Fountain)

ada pelangi yang membias di air mancur

latar belakang adalah Schloss Herrenhausen

Groẞer Garten - Herrenhausen Garten

Groẞer Garten - diambil dari Schloss Herrenhausen

Groẞer Garten - diambil dari Schloss Herrenhausen

eh...ada yang foto pre wedding di taman

Orangerie dengan aneka tanaman jeruk
 
Groẞe Kaskade - salah satu struktur asli tertua yang dibangun thn 1676
 
Dari Groẞer Garten kami menyebrang jalan kemudian masuk ke area Berggarten. Berggarten merupakan botanical garden yang penting di Eropa. Beberapa point of interest nya adalah Tropical House yang berisi tanaman tropis termasuk beberapa tanaman dari Indonesia, Cactus House yang berisi aneka tanaman kaktus, Canary House, Orchid House. Di dekat pintu masuk Berggarten terdapat Library Pavillion yang bersejarah. Di area Berggarten juga terdapat Royal Mausoleum yang menjadi tempat peristirahatan terakhir King Ernest Augustus I dan permaisurinya Queen Frederica, juga Electress Sophie dan King George I of Great Britain. Tapi karena kecapekan kami gak sampai jalan ke Mausoleum ini.
Kami juga gak masuk ke Georgengarten yang sekarang menjadi taman kota dan terbuka untuk umum. Georgengarten merupakan taman bergaya Inggris, disini terdapat Leibniz Temple dan Georgen Palace.

Library Pavillion - Berggarten

Cactus House - Berggarten

Tropical House - Berggarten

Orchid House - Berggarten

Tiket masuk Herrenhausen Garten
 
Tempat lain yang kami kunjungi selama di Hannover adalah Altstadt (Old Town). Yang menjadi point of interest disini adalah Marktkirche (Church St Georgii et Jacobi) dan Altes Rathaus (Old Town Hall). Hal menarik lainnya adalah half-timbered house, bangunan2  khas tradisional Jerman yang berjejer di sepanjang jalan2 kecil dan sebagian menjadi toko2 dan cafe. Kami juga jalan2 di sekitar Kröpcke, suatu area pedestrian yang luas di jantung kota Hannover dan merupakan pusat perbelanjaan dan letaknya berdekatan dengan Hannover Hbf.

Altes Rathaus (foto dari internet)

Marktkirche (foto dari internet)
 
di kiri adalah Marktkirche

Marktkirche

Jalan kecil dengan bagunan khas Jerman di kiri kanannya

salah satu bangunan di Altstadt
 
suasana di salah satu stasiun bawah tanah....sepi ya....

di depan Hannover Hbf - siap ngebolang ke kota berikutnya
 
Selama di sini kami sempat berbelanja keperluan si adik. Untuk keperluan se-hari2 kami belanja ke supermarket Rewe yang cukup lengkap yang ada di dekat apartemen si adik dan juga ke Galeria , untuk belanja perlengkapan apartemen si adik kami belanja di Primark, department store besar dengan harga barang2 yang terjangkau, dan juga di TK Maxx. Sementara untuk makan, kalau gak masak sendiri, kami mencoba kebab Turki dari beberapa gerai/resto yang berbeda dan ternyata semuanya yummy.....namun porsinya itu lho....besar banget untuk ukuran perut kita..... sayang lupa gak difoto ya kebab-nya.... Sebenarnya pengen ke Ikea juga namun belum kesampaian......next time deh.....




1 komentar:

  1. Oakley's Titanium T-Shirt - T-Shirt - T-Shirt - T-Shirt
    Oakley's Titanium T-Shirt. Oakley's titanium T-Shirt. does titanium have nickel in it T-Shirt. Buy online. titanium wok #4250; #50. men\'s titanium wedding bands SKU #4650; $42.99. columbia titanium Size: titanium meaning 38XL. Manufacturer: T-Shirts. $42.95.

    BalasHapus